Strategi dan Taktik Pemasaran untuk Bisnis Kecil

Siapa pun pemilik bisnis, baik kecil maupun besar akan mendambakan bisnisnya bisa berkembang dengan pesat. Namun, tidak semua pemilik bisnis kecil tahu bagaimana caranya. Untuk itu, jagalah semangat anda untuk terus berkreasi dan berinovasi tanpa henti �.! Dan, saya akan membagikan kepada anda strategi dan taktik pemasaran yang brilliant.
Baiklah, kalau anda sudah tidak sabar untuk segera menumbuh-kembangkan bisnis kecil anda dengan pesat, ikutilah dan simak baik-baik strategi dan taktik pemasaran berikut ini.

Sebelumnya, saya ingin menyegarkan dulu pikiran dan semangat anda tentang esensi pemasaran. Esensi pemasaran adalah pemahaman anda terhadap kebutuhan-kebutuhan pelanggan kemudian mengembangkannya dalam suatu rencana yang meliputi kebutuhan-kebutuhan tersebut untuk diwujudkan dalam bentuk penawaran-penawaran anda. Baiklah, saya akan mengajak anda yang butuh dan berkeinginan berhasil dalam menjalankan bisnis.

Bagaimana cara yang paling efektif untuk menumbuh-kembangkan bisnis anda dengan pesat�?

Untuk mencapai dambaan anda tersebut, anda harus fokus pada pertumbuhan organik bisnis anda. Adapun cara-cara yang bisa anda tempuh, adalah sebagai berikut:
- Mendapatkan lebih banyak pelanggan.
- Mempengaruhi tiap pelanggan untuk membeli lebih banyak.
- Mempengaruhi tiap pelanggan untuk membeli produk-produk yang lebih mahal atau meningkatkan
penjualan pada tiap pelanggan.
- Mempengaruhi tiap pelanggan untuk membeli produk-produk yang lebih menguntungkan.

Keempat cara ini bisa meningkatkan pendapatan dan profit anda. Mari saya ajak anda untuk fokus pada yang pertama dulu, yaitu mendapatkan lebih banyak pelanggan. Mengapa �? Alasannya, dengan mendapatkan lebih banyak pelanggan anda meningkatkan pelanggan dasar anda dan pendapatan anda.

Bagaimana anda dapat menggunakan pemasaran untuk memperoleh lebih banyak pelanggan?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut ada banyak cara yang bisa ditempuh, antara lain adalah:

- Buat rencana strategis dan luangkan waktu untuk meneliti dan merencanakan.
- Sebarkan informasi produk dan/atau pelayanan yang anda jual kepada pelanggan atau pelanggan potensial yang tepat.
- Jelaskan apa dan manfaatnya dari produk anda serta kelebihan apa yang ada pada produk anda dibanding produk lain yang serupa.
- Informasikan pula konsumen-konsumen yang telah menggunakannya. Misalnya, seperti contoh ini.
- Perbaiki produk anda agar lebih mampu memenuhi kebutuhan pelanggan anda yang menurut anda sekarang tidak menarik.
- Berikan harga produk dan pelayanan anda secara kompetitif.
- Kembangkan pesan dan material dasar anda berdasarkan pada solusi pemasaran.

Bagaimana menjalankan pemasaran yang hemat biaya �?
Sebagaimana mayoritas pemilik bisnis kecil, anggaran pemasaran anda terbatas. Cara yang paling efektif untuk memasarkan perusahaan anda adalah membuat suatu program bersama yang baik, yaitu menggabungkan aktifitas penjualan dengan taktik pemasaran anda. Aktifitas penjualan anda tidak hanya akan menurunkan pengeluaran biaya pemasaran tetapi juga akan menambah nilai interaksi dengan pelanggan potensial anda dan pelanggan anda. Hal ini cukup meringankan biaya, bukan�?
Secara umum, hampir semua bisnis kecil mempunyai keterbatasan anggaran pemasaran. Untuk itu, mari saya ajak anda berpikir sedikit lebih kreatif. Bagaimana dengan melakukan peluncuran kampanye pemasaran anda dengan melakukan salah satu dari berikut ini:
- Ajak pemasok atau asosiasi anda dan mintalah kepada mereka untuk berpartisipasi dalam kerja sama pengiklanan.
- Luangkan beberapa waktu untuk mengirimkan penyerahan dan insentif pembelian pelanggan anda.
- Sudahkah anda berpikir tentang mengenalkan diri anda ke media? Publikasi gratis mempunyai potensi untuk �meledakkan� bisnis anda. Posisikan diri anda sebagai seorang ahli dalam bidang anda.
- Undang masyarakat ke toko anda dengan mendukung suatu acara. Bagaimana dengan acara konser yang diadakan di kota, maukah anda menjualkan tiketnya untuk mereka?

Bila anda mengeluarkan uang untuk pemasaran, jangan lupa untuk membuat suatu cara untuk mengikuti usaha-usaha pemasaran tersebut. Anda dapat melakukan ini dengan memberikan kode iklan anda. Gunakan multi nomer telepon bebas-bea, dan tanyakan kepada prospek dimana mereka tahu tentang anda. Ini memungkinkan anda untuk mencatat kapan suatu taktik pemasaran berhenti bekerja. Anda kemudian dengan cepat dapat menggantinya dengan pilihan atau metode yang lebih baik.

Tentukan Target Pasar Anda
Bila anda mendatangi pelanggan anda, ingat pentingnya target pemasaran. Alasannya adalah bahwa hanya proporsi tertentu saja dari populasi yang mungkin membeli suatu produk dan/atau jasa anda. Dengan melempar penjualan anda dan usaha-usaha pemasaran pada target yang tepat anda akan lebih produktif dan tidak buang-buang usaha atau waktu.

Mulai Jalankan �!
Dengan rajin dalam pemasaran anda dan menciptakan suatu strategi yang mudah seperti melakukan kontak 10 pelanggan atau pelanggan potensial anda dalam sehari dan 5 hari seminggu anda akan melihat bisnis anda tumbuh luar biasa �! Hal yang luar biasa tersebut tidak memerlukan anggaran pemasaran yang besar untuk membuatnya terjadi �!

Sumber : http://muhammadansori.com/2009/06/01/strategi-dan-taktik-pemasaran-untuk-bisnis-kecil/

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons